KABAR PRESTASI - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Serang mengunjungi kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota serang Sebanyak 125 siswa didampingi 12 orang komite mengikuti kegiatan study visit pada Selasa (20/02/2024). 

BMKG memberikan pengenalan secara sederhana terkait cuaca dan iklim, hal ini berkaitan dengan tema pembelajaran siswa di sekolah. Selain pengenalan tersebut, siswa juga dikenalkan dengan peralatan pengamatan meteorologi baik konvensional maupun otomatisasi. Dalam pelaksanaannya, siswa dibagi menjadi 10 kelompok. Masing-masing kelompok akan mempelajari peralatan secara bergantian. 

Asep Nazarudin S.Pd.I selaku koordinator kegiatan menuturkan bahwa study visit ke BMKG bersifat penting, dengan adanya kunjungan belajar ke bmkg anak-anak bisa mengetahui bahwasannya BMKG adalah lembaga pemerintah yang mempunyai tugas dibidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika mungkin anak-anak bilang BMKG yaitu untuk memprediksi cuaca, kunjungan belajar ke BMKG bukan hanya untuk kalangan dewasa saja, melainkan sejak anak-anak perlu adanya pengetahuan tentang cuaca dan kebencanaan. Melalui BMKG mereka dapat memperluas informasi mengenai hal-hal tersebut dan cara-cara untuk mengantisipasinya. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat mengembangkan kesadaran akan pentingnya mitigasi bencana dan kontribusi positif terhadap lingkungan. Selain itu, dengan kunjungan belajar ke BMKG juga dapat memicu minat anak-anak untuk berkecimpung dalam ilmu sains dan lingkungan.

Selain itu kepala sekolah MIN 2 Serang Enok Yayat S.Pd.I menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia dewan guru yang sudah melaksanakan agenda kunjungan belajar ini. 

"Terima kasih kepada BMKG Kota serang yang telah menyambut dengan baik serta mengajarkan siswa secara langsung mengenalkan alat alat seperti pengukur curah hujan dan kecepatan angin dll serta semangat untuk membantu siswa mendapatkan pengalaman belajar yang baru" Kata Enok.

“Anak-anak sangat senang bisa belajar diluar sekolah dan mendapat pengalaman baru. Kedepannya, tidak hanya di BMKG tapi bisa juga ke institusi yang lain jadinya ada pengalaman yang berbeda,” Tambah Enok. 

Sebagai wujud Implementasi Kurikulum Merdeka dalam rangka mewujudkan Generasi Emas madrasah yang Religius, Berkarakter dan Berbudaya sebagaimana Visi misi sekolah anak-anak didik memiliki pengalaman belajar langsung di luar kelas lewat apa yang mereka lihat, dengar, sentuh, menilai dan mengukurnya. atau belajar lewat pengalaman langsung.

(Red/Yoga) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama